Kamis, 29 Agustus 2013

Tentang Wisata Secang

Wisata Secang 


Secang adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Magelang yang terletak di sebelah ujung dan berdekatan dengan Kabupaten Wonosobo. Kecamatan yang satu ini terletak di bagian utara Kabupaten Magelang, dan merupakan jalur utama Semarang - Yogyakarta dan Semarang - Temanggung - Purwokerto. Lihat pada Peta Wisata ( Peta ).


  Keberadaan salah satu kecamatan ini cukup unik sekali untuk kita kaji bersama. Yakni, Secang terletak berdekatan dengan kecamatan-kecamatan yang mempunyai panorama persawahan yang indah antara lain Windusari dan Bandongan serta beberapa pemandangan gunung yang memukau, antara lain Gunung Sumbing. 

  Mengkaji letak Magelang, Magelang adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang dikelilingi oleh pegunungan yakni Gunung Merapi, Merapi, Merbabu dan Sindoro dan itu adalah hal yang mengesankan untuk kita ketahui.

  Yang membuat Secang berbeda adalah keindahan sebuah lokasi di sebuah persawahan dengan panorama Gunung Sumbing dengan view menarik di bawahnya sebuah hamparan terasering yang sangat luas dan memanjang sehingga bisa dipastikan tempat kita berdiri adalah suatu tempat yang tinggi ( lokasi wisata ). Di kala Pagi hari suasana akan terasa sejuk dan sangat menyenangkan untuk berolahraga di sekitar wisata dengan rerumputan dan di samping persawahan dekat sungai.

  Di kala sore hari, ada sebuah fenomena keren yakni sebuah pemandangan sunset yang perlahan-lahan turun di balik Gunung Sumbing dan hamparan terasering persawahan yang luas itu akan terkena pancaran sinar sore yang sayup-sayup dan nampak menarik pemandangan pohon kelapa yang berjajar di sana, sebagaimana kata orang ''kayak di lukisan ya, tapi ini benar-benar nyata''. Bahkan terkadang bangau-bangau sore juga sering dijumpai.

  Di belakang tempat kita duduk-duduk / berdiri ( lokasi tinggi ) sambil menyaksikan fenomena sore, pemandangan menarik di sekitar kita adalah sebuah sungai bersejarah Progomanggis yang nampak berkilau dengan grojogan-grojogan kecil ( air terjun kecil ) nampak menghiasi suasana dan anda serasa melepasakan kepenatan-kepenatan yang dibawa dari rumah.

  Nah, untuk sebuah objek tempat yang akan kita tuju di Secang adalah jalur Desa Ngabean - Ngadirejo, melalui jalur dusun Pongangan - Purwo, tapi kita akan menuju ke belakang dusun Srawanan. Dari dusun Purwo ke tempat tujuan wisata bisa ada trek Sepeda berumput seluas 3-7 Meter di samping alur Sungai Progomanggis dengan jalan kaki, bersepeda atau berkendara.

 Selain itu pula, di Secang terdapat sentra kerajinan kayu dan tanduk yang cukup terkenal, tepatnya di desa Pucang. Dan untuk makanan khasnya adalah Bebek Goreng dan Getuk manis. Salam wisata..





Copyright, 2013
Wisata Secang & Sore



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money