Kamis, 29 Agustus 2013

Wisata Sungai Progomanggis dan Sejarah

Wisata Sungai Progomanggis dan Sejarah
Posted by : Admin




Sekilas ketika anda menyaksikan pemandangan sebuah Sungai Progomanggis di jalur trek sepeda & Wisata Alam Secang anda akan terkesan. Tapi asal anda tahu, sungai nan elok ini menjadi saksi sejarah perairan di Kota Magelang di kala dulu kering tatkala pemerintahan Kolonial Belanda.




  Dalam sebuah redaksi Kota Toea Magelang Grup dijelaskan bahwa '' Saluran yang oleh warga Magelang dikenal dengan Kali Kotak ini merupakan salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda. Ada sebuah Prasasti yang menuliskan tanggal 1 oktober - 31 Desember 1930... namun usai perang Diponegoro Magelang sebagai Government Settlement tepatnya tahun 1830 mulai membangun saluran air untuk mengairi lahan pertanian dan perkebunan untuk kepentingan Belanda.

  Untuk mewujudkan tujuan tersebut maka Pemerintah Kolonial Belanda membangun saluran air Progomanggis  / Progo Manggis ( Manggis Leiding ) yang melewati tiga daerah Temanggung, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang. Saluran tersebut memanjang dari Temanggung hinga Mertoyudan Kabupaten Magelang. Sumber air di ambil dari Sungai Progo di dusun Kuncen desa Badran dengan membangun sebuah Bendungan. Ket di Bendungan tertulis ( kunjungi ).

  Terbentuknya Sungai Progomanggis tersebut tidak terlepas dari jasa Kyai Gejayan yang ditantang oleh Belanda, jika bisa mengalirkan air Sungai Progo ke Magelang, Belanda akan membeli air tersebut. Akhirnya kyai tersebut berhasil membuat Bendung Badran sehingga air bisa mengalir. 

  '' Namun Belanda tidak menepati janjinya hingga sang kyai Meninggal dan sekarang Jasadnya dimakamkan di Tegalrejo Kabupaten Magelang'' lanjutnya.

 Berdasarkan catatan salah seorang saksi sejarah dan tokoh masyarakat bernama Soekimin Adiwiratmoko. Saluran Progomanggis ini mulai dibangun 1857. Saluran ini dibangun untuk mengairi  sawah di daerah Secang dan perkebunan tebu milik Belanda di Mertoyudan Kabupaten Magelang.''

Dikutip dari web Kota Toea Magelang Grup, kunjungi 



  Nah, Sungai Progo yang mengalir sampai Secang adalah Sungai Progo besar di bawah dan Sungai Progomanggis di atas dataran tinggi, sehingga Sungai yang di atas nampak menarik. Hal ini bisa dibuktikan dengan keberadaan Dua jembatan Besar yang membawa Sungai Progomanggis ( talang besar ) dan di bawahnya mengalir Sungai. Bisa disaksikan di desa Bolang dan dusun Purwo.




Copyright, 2013
Wisata Secang & Sore
Kota Toea Magelang Grup
ditulis oleh Abdullah Khahdiq






1 komentar:

sablon cup mengatakan...

mantap info wisatanya..

www.kiostiket.com

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money